10 Makanan Sahur Agar Tahan Puasa

Posted on

Besok adalah bulan yang ditunggu umat muslim yaitu bulan ramadan, dimana umat muslim melakukan puasa dari pagi hingga petang.
Puasa juga memiliki peran agar kita hidup lebih hemat dan memperbanyak perbuatan amal kepada mereka yang membutuhkan. Selain itu kita juga turut merasakan apa yang mereka alami.
Bagi kita yang menjalani puasa terutama yang memiliki aktivitas berat, tentu kita perlu menjaga nutrisi agar kita selalu fit dan terjaga konsentrasi saat bekerja.
Selain makanan sahur harus mengenyangkan, kebutuhan nutrisi juga harus terpenuhi. Yaitu makanan berkarbohidrat, protein, vitamin, makanan yang mengandung vitamin b12 dan lain lain.
Berikut adalah 10 makanan sahur agar kenyang saat puasa puasa.

1. Kedelai

Olahan kedelai

Kedelai adalah sumber protein penting untuk menjaga ketahanan tubuh. Selain sebagai sumber energi, otot kita terbentuk oleh zat protein. Protein juga berfungsi sebagai penghasil hormon dan kimia dalam tubuh.
Anda dapat mendapatkan manfaat kedelai dari beberapa olahan pangan seperti tempe, tahu, sari kedelai, dan lain-lain.

2. Jagung

jagung

Dibandingkan dengan nasi, jagung lebih baik dikonsumsi saat puasa.
Dikarenakan jagung memiliki zat amilosa lebih tinggi dari pada beras. Sehingga serat dari jagung akan lebih lambat dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan nasi dan karbohidrat yang diserap akan lebih awet.
Jagung juga bisa menggantikan makanan karbohidrat tinggi seperti nasi bagi penderita diabetes

3. Ubi Jalar

Ubi jalar juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang bagus saat puasa karena memiliki serat yang cukup banyak sehingga kita akan tahan lapar saat puasa.
Selain itu ubi jalar memiliki zat penting beta carotene yang berperan untuk melawan penyakit. Sangat bagus untuk anda yang bekerja dilapangan karena banyak melakukan aktivitas dan kontak dengan lingkungan luar.

4. Air Putih

air putih

Air putih lebih bagus dari pada kopi saat anda melakukan puasa. Saat anda melakukan puasa, anda tidak diperbolehkan untuk makan atau minum. Sedangkan tubuh anda harus terhidrasi. Apalagi untuk anda yang tinggal di lokasi panas yang memudahkan untuk kehilangan cairan tubuh. Untuk itu minumlah air putih yang banyak saat sahur agar tubuh anda tetap terhidrasi. Hindari minum kopi saat sahur karena akan memicu sering terjadi buang air kecil yang mengakibatkan anda kehilangan cairan tubuh.

5. Kurma

kurma ajwa

Kurma memiliki kadar kalori dan gula yang tinggi. Kurma bagus dikonsumsi saat puasa untuk mencukupi kebutuhan energi saat melakukan aktivitas. Selain itu kurma juga memiliki zat tannin untuk menyehatkan usus dan membunuh bakteri diare.

Baca Juga: Jenis Kurma Yang Enak Untuk Buka Puasa

6. Ikan Kukus

ikan kukus

Hindari makanan berminyak saat puasa, karena akan menimbulkan rasa haus pada kerongkongan anda. Makanlah makanan kukusan seperti ikan yang dikukus untuk memenuhi sumber protein hewani anda. Selain itu ikan memiliki kandungan omega 3 yang bagus untuk menjaga konsentrasi anda. Puasa tetap jalan, pekerjaan pun tetap fit.

7. Pisang

pisang

Selain kurma, pisang juga bagus dikonsumsi saat puasa. Pisang memiliki kandungan fruktosa yang bagus untuk tubuh. Fruktosa lebih lambat dimetabolis dalam tubuh dibanding dengan glukosa sehingga akan mencukupi kebutuhan gula anda dengan bertahap dan lebih lama. Jika anda merasa mengantuk dan kurang konsentrasi saat berpikir, itu pertanda anda kekurangan glukosa.

8. Kangkung

kangkung

Kangkung memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk dikonsumsi saat sahur. Kangkung adalah sayuran yang mengandung protein,zat besi, vitamin dan lain lain yang akan menjaga tubuh anda tetap fit. Kangkung adalah sayur yang mengandung Vitamin B1 yang baik untuk mecegah katarak, dan membantu kerja otak. Bagi yang memiliki darah rendah, sebaiknya untuk mengkonsumsi sayuran yang mengandung Vitamin B1 seperti kangkung, karena mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh.

9. Susu

susu

Susu merupakan makanan cair yang sangat kaya akan nutrisi, terutama protein, lemak, dan lactosa atau gula. Setiap 100gr susu mengandung kalori sebanyak 66kcal. Manusia dewasa yang aktif membutuhkan sekitar 2000kcal setiap harinya. Dengan minum 250gr susu anda sdh memenuhi 150kcal.

10. Telur

telur

Telur juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ada baiknya anda mengkonsumsi telur yang direbus, bukan digoreng. Satu butir telur bisa memenuhi kalori 77kcal. Telur memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi.

Sekian artikel 10 Makanan Sahur Agar Tahan Puasa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *