Belajar Phyton Variable

Posted on

Sebelum kita mempelajari python variable, mari kita memulai langkah awal menggunakan jupyter notebook. Langkah pertama adalah buka applikasi Jupyter Notebook. Kemudian buka applikasi Anaconda dan launch. Pastikan port yang digunakan sama, misal di server localhost:8888 pastikan juga di UI jupyter notebook browser juga 8888.

Setelah itu buka file dengan extensi .ipynb yang telah anda buat pada tutorial sebelumnya. Dan cobalah membuat perintah.

Seperti yang anda lihat cara penulisan syntaxnya. Value harus menggunakan tanda kurung buka dan tutup. Untuk penulisan string juga menggunakan tanda quotes, bisa double atau single. Untuk angka bisa tanpa quotes. Sedangkan untuk huruf tanpa quotes adalah untuk penggunaan variable.

Cobalah membuat variable seperti diatas. Caranya adalah buatlah line baru, klik tanda ( + )
akan muncul line baru. Masukkan variable a = 1 , setelah itu klik Run agar tersimpan pada server variable a memiliki nilai 1. Kemudian kita tes perintah kita, dengan membuat line baru. Setelah itu ketik print (a) , maka anda akan mendapatkan nilai 1.
Apabila anda mendapatkan error saat melakukan perintah, bisa jadi anda lupa mengklik Run pada saat memasukkan variable a = 1, sehingga server tidak menyimpan dan tidak mengenal perintah.

Bisakah menggunakan 2 variable untuk 1 nilai??

Terkadang kita penasaran apa yang terjadi jika 2 variable memiliki nilai yang sama, atau 1 nilai ditumpuk dengan variable baru. Mari kita coba.

Inilah yang terjadi, variable a di rewrite dengan variable b. Sehingga saat kita print variable a, maka akan terjadi error karena variable lama telah ditumpuk dan diganti dengan variable baru.

Kesimpulan: Jika value/nilai dari suatu variable tetap dan, variable lama ditumpuk dengan variable baru maka variable yang baru akan menggantikan variable yang lama. 

Cara menukar variable yang satu dengan yang lain

Kadangkala kita menulis variable dan value yang begitu panjang akan tetapi kita meletakkannya terbalik, kita tidak perlu menulis dari awal, akan tetapi kita hanya perlu menuliskan suatu perintah tanpa harus menulis ulang valuenya. Sebagai contoh:
B1 =  “Satu”
B2= “Dua”
Bagaimana kita menukar sehingga B1= “Dua” dan B2 = “Satu”  ??? 
Perhatikan cara berikut

Sampai sini kita sudah bisa memahami cara kerja variable. Silahkan anda melakukan latihan sendiri dengan percobaan percobaan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *