Cara Bekerja Ke Jepang

Posted on
image by matadornetwork.com

Halo, mimin sudah lama tidak update post nih. Kali ini mimin mau share cara bekerja ke Jepang sesuai dengan pengalaman mimin.

Sebenarnya ini lebih disebut magang, karena bekerja di Jepang hanya untuk tenaga professional dengan lulusan kuliah paling tidak S2, itu pun tidak sembarang. Lalu bagaimana dengan yang lulusan SMA sederajat? kali ini mimin share caranya.

Banyak sekali keuntungan mengikuti program magang ini, disana kita bisa belajar sambil bekerja. Dengan sallary yang cukup besar yaitu sekitar 10-20 juta per bulan. Jika lembur paling tidak bisa mendapatkan 15-30 juta per bulan. Selain itu kita akan mendapatkan uang pesangon saat menyelesaikan kontrak yaitu 3 tahun magang dengan jumlah sekitar 60 juta. Mungkin sekarang sudah naik hampir 100 juta karena program ini benar2 didukung oleh pemerintah. Selain itu kita akan mendapatkan sertifikat JITCO yang sangat berguna untuk melamar ke perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Biasanya tanpa perlu interview kita bisa langsung diterima jika memiliki sertifikat ini. Mimin sendiri dulu langsung diundang oleh salah satu perusahaan besar di Indonesia. Tapi diharapkan alumnni magang bisa membuka usaha sendiri setelah menyelesaikan program magangnya.

Atau kita bisa kembali ke Jepang menjadi tenaga professional setelah memiliki sertifikat JITCO dengan masa kontrak sekitar 5 tahun. Tentu saja dengan gaji yang jauh lebih besar.

Sekitar tahun 2015 saya mengikuti program magang ke Jepang, waktu itu saya mengikuti melalui rekruitment Jatim. Dan banyak hal yang perlu kita fokuskan dari pengalaman saya dari rekruitment sampai berangkat ke Jepang,

1. Bahasa

Hal paling penting yang harus kita pelajari adalah bahasa. Banyak sekali lembaga pendidikan magang atau LPK yang menawarkan jasa untuk pendidikan khusus untuk peserta magang dengan kisaran biaya sekitar 4 juta dengan masa pendidikan 3 bulan. Ini bukan syarat wajib. Anda bisa belajar sendiri. Saya sendiri belajar sendiri melalui buku dan film. (BUKAN JAV)

Paling minim kita harus menguasai tingkat bahasa Jepang N5 dan N4. Karena pada saat test rekruitment akan ada tes bahasa yang setara N5.

2. Fisik

Syarat selanjutnya adalah fisik. Anda harus menyiapkan diri untuk disiksa, hehe. Minimal coba latihan keliling stadion 8 kali dalam waktu 15 menit. Karena itu adalah testnya. Jika gagal anda pulang dan jika ingin mendaftar harus menunggu gelombang selanjutnya sekitar 2-3 bulan.

Selain itu ada juga test push up, sit up sebanyak masing masing 35 kali. Semakin anda berlatih banyak semakin baik. Karena nanti di Pelatihan Daerah dan Pusat anda bisa saja terkena hukuman push up sampai ratusan kali. (pengalaman mimin 500 kali)

3. Mental dan Disiplin

Ini menjadi kunci utama anda bisa bertahan hingga pemberangkatan. Jika anda tidak bermental baja dan kedisiplinan anda kurang. Sebaiknya jangan, karena akan membuang- buang waktu dan tenaga saja. Karena saat pelatihan pusat dan daerah, anda akan diasah dengan tingkat kedisiplinan waktu yang sangat extreme. Anda telat 1 detik pun akan ada hukuman menanti. Dan semakin banyak hukuman yang anda dapatkan, maka akan semakin sengsara hidup anda. Saya sendiri memiliki nilai yang tinggi dalam bahasa jepang dan dipercayakan menjadi Chiisai Sensei ( Guru Kecil) tapi saya juga tidak luput dari hukuman. Semakin banyak hukuman semakin sedikit jatah istirahat anda. Saya selama di pelatihan pusat seminggu mungkin cuma mendapatkan jatah tidur 20 jam total.

Jangan lupa untuk syarat syarat yang harus dipenuhi yaitu dokumen dokumen dan surat keterangan. Untuk biaya sejauh ini cuma untuk imunisasi campak dan cacar. Jika anda sdh pernah imunisasi, bawalah juga kartunya, itu berlaku selama 3 tahun. Biaya keberangkatan semua ditanggung pemerintah, kita hanya perlu keluar biaya untuk seragam kita dan alat tulis. Sedangkan untuk makan ditanggung pemerintah saat di pelatihan pusat. Untuk pelatihan daerah kita tanggung biaya sendiri.

Masa pelatihan daerah sekitar 2 bulan. Sedangkan Pelatihan pusat sekitar 2 bulan jika anda beruntung, atau bisa lebih jika anda belum mendapatkan perusahaan. Kita tidak bisa memilih perusahaan, tetapi perusahaan yang memilih kita, jadi kerjakanlah tugas dan kurangi pelanggaran anda agar anda tidak terlalu lama di pelatihan pusat (sengsara banget).

Untuk persyaratan yang harus dilengkapi, anda bisa mendownload formulir di www.pemagangan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *