Cara Melaporkan Rekening Penipu Online

Posted on

Transaksi online sudah menjadi hal yang umum pada saat ini. Selain menghemat waktu, juga menghubungkan jarak yang jauh antara penjual dan pembeli. Ada banyak juga 3rd party market yang bisa menjadi alternatif untuk menghindari kecurangan. Akan tetapi tentunya banyak benda yang tentunya tidak bisa kita menggunakan jasa 3rd party.

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur membeli tetapi kita ternyata telah ditipu?? Berikut adalah tahap melaporkan rekening penipu

  1. Screenshot hasil percakapan anda dengan penipu. Berikut juga bukti transaksi dan rekening pelaku. Cetak hasil screenshot masing2 2 lembar. Ini digunakan sebagai alat bukti utama untuk melaporkan pelaku penipuan.
  2. Buat laporan ringkasan kejadian mendetil beserta tanggal dan waktu kejadian. Buat laporan tsb tertuju kepada kepolisian. Ingat melaporkan tidak dipungut biaya. Jadi kita bisa melapor kapan saja.
  3. Serahkan ringkasan kejadian kepada kepolisian terdekat. Anda akan diberi slip keterangan telah melaporkan kepada kepolisian.
  4. Serahkan slip yang diberikan kepolisian kepada bank dimana anda melakukan transaksi. Serahkan juga copy surat keterangan kronologi yang anda buat sebelumnya beserta buktinya. Siapkan juga KTP anda dan buku tabungan anda.
  5. Tunggu 1x 24 jam, biasanya tidak memerlukan waktu sampai 1 hari, maka rekening terlapor akan diblokir, dan anda akan dibantu oleh pihak bank untuk dihubungkan dengan terlapor.

Ingat trik ini hanya untuk melaporkan dan memblokir rekening terlapor. Tidak menjamin uang anda akan kembali. Tapi pihak bank akan membantu untuk menghubungi pelaku untuk segera menyelesaikan masalah.

Setelah selesai dan uang anda kembali maka anda akan diminta membuat surat laporan bahwa masalah anda telah terselesaikan. Tapi jika belum selesai maka rekening pelaku akan terblokir selamanya.

Seperti itulah tahap untuk melaporkan kasus penipuan online. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *