rank seo

Menaikkan Rank Search Engine Optimization SEO

Posted on

Menaikkan Rank Search Engine Optimization (SEO) adalah proses pemilihan kata kunci bertarget yang terkait dengan situs Anda dan memastikan bahwa rank situs anda tinggi di Search Engine sehingga ketika seseorang mencari kata kuci di search engine maka website anda akan tampil di halaman pertama. Pada dasarnya Search Engine Optimization melibatkan fine tuning isi situs Anda bersama dengan HTML dan meta tag dan juga melibatkan proses rancangan link yang tepat.
Search Engine yang paling banyak dipakai adalah Google, Yahoo, MSN Search, AOL dan Ask Jeeves. Search Engine memiliki metode algoritma dan penentuan peringkat secara rahasia. Sebuah mesin pencari dapat menggunakan ratusan faktor yang mempengaruhi peringkat website. Algoritma akan terus berubah sesuai dengan ketentua dan kebijakan google.
Algoritma dapat berbeda setiap search engine. Sebuah halaman web yang peringkat 1 dalam mesin pencari tertentu bisa peringkat 200 di mesin pencari lain.
Jika anda tidak dapat meneliti dan memilih kata kunci dan mengoprek pada rank search engine yang anda fokuskan, anda bisa mencari jasa seseorang untuk meningkatkan peringkat website anda.

Penyedia jasa SEO akan memberi saran dan rekomendasi rancangan yang akan mereka lakukan terhadap website untuk meningkatkan traffic dan rank anda. Jika anda mau, mereka juga akan memberikan konsultasi dan pelaporan berkelanjutan untuk memonitor situs web Anda dan membuat rekomendasi untuk pengeditan dan perbaikan untuk menjaga traffic situs Anda dan peringkat SEO anda. Biasanya ahli SEO bekerja sama dengan perancang web anda untuk mengoptimasi website anda baik on page maupun offpage sehingga semua aspek dipertimbangkan pada saat yang sama.

Cara Kerja Search Engine

Search Engine adalah sumber dari traffic anda. Oleh karena itu sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara mesin pencari bekerja dan bagaimana mereka menyajikan informasi kepada user yang melakukan pencarian.

Pada dasarnya ada dua jenis mesin pencari. Yang pertama adalah menggunakan robot yang disebut crawler atau spider.

Search Engine menggunakan spider untuk mengindeks situs web. Ketika Anda mengirimkan halaman situs web Anda ke search console , spider akan mengindeks seluruh situs Anda. Sebuah ‘ Spider ‘ adalah sebuah program otomatis yang dijalankan oleh sistem mesin pencari. Spider mengunjungi situs web, membaca konten di situs, tag meta situs, dan juga mengikuti tautan yang terhubung ke situs. Spider kemudian mengembalikan semua informasi itu kembali ke data pusat, di mana data diindeks. Kemudian akan spider memeriksa setiap link yang ada di situs web Anda dan mengindeks situs tersebut juga. Beberapa Spider hanya akan mengindeks sejumlah halaman di situs Anda, jadi jangan membuat situs dengan halaman 500!

Spider secara berkala akan kembali ke situs untuk memeriksa informasi yang telah berubah. Frekuensi pengindeksan ditentukan oleh moderator mesin pencari.

Spider ibarat sebuah buku di mana ia berisi daftar isi, konten artikel , link dan referensi untuk semua situs yang ditemukan selama pencarian, dan memungkinkan mengindeks hingga jutaan halaman per hari.

Contoh: Excite, Lycos, AltaVista dan Google.

Ketika Anda meminta search engine untuk menemukan informasi, itu sebenarnya mencari melalui indeks yang telah dibuat oleh spider, tidak mencari website. Mesin pencari yang berbeda menghasilkan peringkat yang berbeda karena tidak setiap mesin pencari menggunakan algoritma yang sama untuk mencari melalui indeks.

Salah satu kemampuan search engine adalah mendeteksi frekuensi dan lokasi pencarian kata kunci pada halaman web, selain itu mesin pencari juga dapat mendeteksi isian kata kunci buatan atau spamdexing. Selain itu algoritma juga dapat menganalisa anchor text yang ada di dalam web. Dengan memeriksa anchor text, search engine dapat menentukan niche halaman blog anda. Jadi usahakan fokus pada satu niche jika ingin mendapatkan traffic banyak. Algoritma akan menentukan apakah keyword dari backlink yang terhubung dalam website berhubungan dengan keyword pada halaman asli.

Memilih Domain Name ( Nama Domain)

Memilih nama domain merupakan hal yang sangat penting. Saat memilih nama domain, periksalah terlebih dahulu, apakah domain anda merupakan bekas perjudian dan sebagainya. Karena domain judi tidak akan mendapat rank dari google. Usahakan gunakan nama yang sederhana dan mudah diingat pengunjung.
Gunakan domain TLD seperti .com .org .net dan sebagainya. Jangan menggunakan domain freenom. Jika anda memilih domain gratis gunakanlah blogspot. Saat ini domain TLD yang terutama disediakan oleh google domain memiliki keunggulan mudah di indeks.
Biaya tahunan domain .com kurang lebih sekitar 150rb per tahunnya. Jika anda menggunakan tld dengan platform selain blogspot biasanya dikenakan pula biaya hosting.
Menggunakan salah satu kata kunci dalam nama domain Anda dapat meningkatkan ranking blog anda pada beberapa mesin pencari. Sebagai contoh, blogteknologi.org yang memfokuskan blognya tentang teknologi.

Install Plugin SEO Article

Plugin SEO bisa membantu anda dalam menulis artikel dan menentukan jumlah keyword. Selain itu plugin SEO akan memperingatkan anda apabila ada beberapa kesalahan SEO atau kekurangan dalam artikel anda. Contoh Plugin SEO yaitu:
1. YOAST SEO
2. All In SEO Pack
3. Rank Math
4. Google XML Sitemaps
5. WP Super Cache
6. Broken Link Checker
7. Rel NoFollow Checkbox

Riset Keyword

Ada banyak cara melakukan riset keyword. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner. Cari Keyword dengan persaingan paling rendah.
Jangan terpancing dengan banyaknya pencarian perbulan. Carilah keyword dengan pesaing sedikit dan kemungkinan anda berada di page one. Long tail keyword lebih menghasilkan terutama untuk blog baru karena persaingan yang lebih rendah.
Cara lain meriset keyword adalah menggunakan Google Trends
Carilah keyword dengan trend dibawah 100% dan mengalami kenaikan dalam waktu 3 bulan. Jangan memakai keyword musiman. Seperti misal :
Jadwal Sahur dan lain lain.
Keyword seperti ini pasti akan dipakai oleh web besar dan pencariannya akan dilakukan setahun sekali. Buatlah artikel dengan keyword yang akan terus dicari. Contoh: Cara Membayar Pajak Online
Keyword seperti ini akan terus dicari. Tetapi kembali ke aturan awal, pilih keyword dengan persaingan kecil.
Selain keyword utama, perlu juga keyword turunan, cara ini bisa disebut dengan Artikel Pilar.

Keyword Di Judul Halaman H1

Disarankan untuk menggunakan kata kunci di judul. Tag judul berbeda dari Tag META, di dalam rank mesin pencarian yang ditampilkan lebih dulu adalah judul dari halaman.
Teks yang anda gunakan dalam tag judul adalah salah satu faktor yang paling penting menentukan ranking halaman. Selain itu, mesin crawler google akan menggunakan teks tag judul sebagai teks yang digunakan untuk judul laman dalam website anda.
Jika anda membuat situs web display seperti company profile web anda cukup memfokuskan keyword pada satu halaman saja dengan bidang yang digeluti. Tapi jika anda membuat web blog dengan banyak halaman, maka anda harus membuat keyword setiap halamannya terutama di judul. Anda harus ingat bahwa setiap halaman situs web anda harus dioptimalkan untuk mesin telusur. Judul setiap halaman yaitu kata kunci yang anda gunakan pada halaman dan frase yang anda gunakan dalam konten akan mengundang traffic ke situs Anda.


Kesalahan yang paling umum yang dibuat oleh pemilik usaha kecil online ketika mereka pertama kali mendesain situs web mereka adalah untuk menempatkan nama bisnis mereka atau nama perusahaan dalam setiap judul setiap halaman. Sebenarnya sebagian besar calon pelanggan anda tidak peduli nama perusahaan anda sampai setelah mereka telah melihat isi situs anda dan memutuskan untuk mengunjungi website anda.
Jadi jangan memasukkan nama usaha anda di judul halaman. Tapi masukkan nama perusahaan di dalam artikel. Judul adalah bidang bisnis anda.
Gunakan minimal 3 kata kunci utama di dalam judul dan beberapa pelengkap. Hindari memakai judul yang terlalu panjang melebihi 6 kata.
Contoh:
Keyword : Cara Membuat Donat
Judul: Cara Membuat Donat Enak

Menempatkan Keyword di Subheading H2 H3

Subheading merupakan tempat yang tepat untuk memasang keyword terutama keyword turunan. Jangan melakukan spam keyword utama, tapi gunakan keyword turunan pada subheading. Keyword utama hanya dipasang di awal dan akhir padda suatu artikel.
Keyword turunan paling bagus digunakan sebagai subheading di Artikel Pilar.

Cara Membuat Artikel Pilar Untuk Menaikkan Rank SEO

Artikel pilar adalah dengan membuat artikel panjang lebih dari 1000 kata. Artikel yang anda baca ini adalah contoh artikel pilar dengan memanfaatkan keyword turunan.
Cara paling mudah mendapatkan keyword turunan hasil keyword utama adalah dengan memasukkan keyword sugesti ke dalam artikel. Caranya adalah seperti ini.

keyword turunan artikel pilar

Yang dilingkari kuning adalah keyword utama, sedangkan yang dilingkari merah adalah keyword turunan. Cara membuat artikel pilar adalah dengan memasukkan semua dalam 1 postingan, dan memakai keyword turunan sebagai subheading. Dengan cara ini maka anda akan dapat membuat artikel dengan lebih dari 1000 kata. Artikel pilar merupakan syarat wajib terutama untuk menaikkan rank seo blog baru.

Memasukkan Domain ke Google Search Console

Perlu diingat untuk memasukkan domain ke Google Search Console agar google dapat cepat mengindeks website anda. Setiap anda melakukan posting artikel, anda sebaiknya meminta google untuk segera mengindeks halaman anda. Fungsinya adalah google akan mengcrawl dan mengupdate perubahan yang terjadi di dalam website anda. Caranya mudah

Search Console

Masukkan url postingan yang akan diindeks di lingkaran merah dan tekan enter. Tunggu beberapa saat dan klik Request Indexing pada lingkaran hijau. Biasanya memerlukan beberapa jam hingga hari hingga artikel anda di indeks oleh google. Cepat tidaknya artikel anda di indeks tergantung pada tingginya domain authority dan page authority anda.

Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Domain authority dan page authority dapat dinaikkan dengan melakukan SEO on page dan off page.
Caranya yang pertama anda harus menaikkan rank domain anda. Contoh menaikkan rank domain akan menghasilkan seperti ini:

Menaikkan DA

Jika anda mengetik blogotodidak maka di page one akan muncul website ini. Inilah yang harus diutamakan terlebih dahulu sebelum anda menaikkan rank konten artikel anda.
Cara menaikkannya adalah dengan backlink dan dengan anchor text domain anda.
Contoh anchor text domain: Blogotodidak
Cara yang lainnya adalah dengan menggunakan direct link tanpa anchor text.
Contoh: blogotodidak.com
Anda dapat melihat DA dan PA dengan menginstall add ons MOZ di chrome.

Backlink Dofollow Berkualitas

Backlink adalah tautan yang mengarah ke website anda. Google suka dengan blog yang memiliki backlink berkualitas. Sebagai contoh anda menulis artikel di website A dan mencantumkan link blog anda. Itulah yang disebut backlink. Skemanya adalah seperti ini:

skema backlink

Semakin banyak backlink yang terindeks google maka blog anda akan mendapat prioritas bagus.
Backlink bekerja seperti jika anda sedang berjualan makanan, kemudian ada artis yang memakan jualan anda. Dan dia memposting di instagramnya. Gambar itu akan menjadi rekomendasi kepada lapak anda dan lapak anda akan menjadi terkenal enak meskipun banyak orang tidak tau rasa dari makanan jualan anda. Kenapa bisa begitu? Itu karena artis yang memposting produk anda. Kurang lebih seperti itulah cara kerja backlink. Artis melambangkan DA dan PA tinggi. Postingan produk anda melambangkan backlink ke artikel anda. Cara ini sangat efektif untuk menaikkan rank SEO anda.

Cek Broken Link

Broken link adalah link tautan menuju eksternal yang mengalami masalah 404 dan lain lain. Ini akan mempengaruhi rank SEO anda. Cara mengecek broken link dengan menggunakan https://smallseotools.com/websites-broken-link-checker/

check broken link

Anda hanya perlu memasukkan link domain anda. Dan anda tinggal menunggu hasilnya. Perbaiki link yang rusak atau update link yang mati.

Menambahkan Image dan Text Alt

Gambar merupakan salah satu faktor penting untuk menaikkan rank SEO. Misal jika anda memiliki artikel mengenai ikan gabus dengan keyword “Ikan Gabus” , dan anda memasukkan gambar ikan gabus ke dalam artikel. Alt text di dalam gambar anda masukkan dengan kata kunci misal “Gambar Ikan Gabus” dan jika di search image penelusuran ikan gabus di halaman 1 google adalah gambar dari artikel anda. Hal ini akan mendatangkan traffic dan google akan menyukai website anda dan menaikkan DA web anda.

SEO gambar image

Rank SEO

Bisa dilihat di gambar diatas dalam pencarian google gambar dari artikel tersebut berada di halaman 1 google. Dengan DA yang besar. Artikel tsb menggunakan long tail keyword, tetapi gambar dari artikel tersebut menjadi high rank keyword.

Riset Artikel Pesaing

Sebelum membuat artikel dan menentukan fokus keyword, sebaiknya meriset dulu pesaing.
Pilih keyword dengan persaingan yang tidak terlalu tinggi dengan teknik artikel pilar. Lihat pencarian keyword turunan dan bandingkan dengan artikel pesaing. Apa yang tidak dimiliki oleh artikel pesaing maka kita akan menambahkan dalam artikel kita. Menaikkan rank SEO akan lebih sulit jika pesaing memiliki DA yang tinggi seperti web berita viva, kompas dll. Carilah pesaing yang merupakan blog pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *